Rabu, 17 Juni 2015

PARA PENJUTEK TUHAN: "MARHABAN YAA RAMADHAN"



Puasa adalah dimana kita harus menahan lapar dan juga haus, ketika puasa ada jam-jam tertentu yang membuat mata kita berhalusinasi seperti melihat tumpukan karet menjadi mie goreng, kecoa menjadi kurma atau jel rambut tapi kelihatan kayak ager-ager. Tapi kali ini gue gak mau bahas bagaimana cara supaya kuat puasa, karena itu terlalu biasa. Kalau mau kuat puasa cobalah sahur dengan makan semen. Supaya kokoh dan tahan lama

Kenapa sih puasa aja kok gak dijalanin? Giliran puasa kasih sayang aja kuat bertahun-tahun. hih.

Biasanya kalo mau menjelang bulan puasa, ada-ada aja persiapan biar kuat puasa dari makan 8x sehari ampe ngalahin jadwal waktu Sholat wajib, Nyiapin persediaan makanan berlusin-lusin ampe nge-order rudal hamas buat tarung petasan. Kalo gue sih soal persiapan buat Ramadhan cuma simpel aja, palingan 1. Perkuat iman 2. Tandain warteg mana aja yang buka siang-siang. 

Emang Ramadhan punya berbagai kisah atau cerita tersendiri bagi diri kita bagi yang menunaikan ibadah puasa, mulai dari cara kita ngelawan derasnya godaan yang melebihi kode ngajak balikan dari mantan ataupun saat nyiapin alarm buat bangun sahur ampe hp yang dia punya di-set semua apalagi kasian yang lagi jomblo yang gak kebetulan gak bisa tidur terus mau bangunin siapa tapi kagak ada, kalopun ada gebetan pasti cuma dianggep sebatas Alarmzone.

Udahlah, yang lalu biarlah berlalu, karena gue pernah ngalamin yang kek gituan. Rasanya emang sakit di hati sih, luka hati maupun luka fisik emang ada kesamaan, sama-sama butuh alkohol untuk meringankan perih. Seperti dunia ini rasanya kek gak ada artinya kalo inget soal itu, semacam  tanpa adanya hukum yang bertindak masalah rumitnya kisah asmara gue dan serasa tidak adil di benak gue. Memang dunia ini kadang tidak adil sih, Seperti contohnya; Ada pasangan kekasih, ceweknya cakep, cowoknya malah kayak baut helm.

Gue disini gak mau bahas soal baut helm, ataupun stang bajaj. Gue cuma pengen bahasnya yang ringan-ringan aja soal kebahagiaan dan keunikan cerita di Bulan Ramadhan. Gak usah lama-lama deh kalo begitu, karena kalo lama-lama hanya sebuah basa-basi cuma pengen ngajak kenalan dan ngajak ketemuan sama inceran semata. Okidoki, kita capcus aja..

1.    PUASA

Puasa emang wajib kita laksanain, apalagi khususnya buat kaum muslim seperti gue. Ibadah puasa emang ada ketentuan harinya, mulai dari terliatnya Hilal dan keputusan penetapan dari sidang Isbat, bukan dari awal munculnya Iklan Sirup dengan sedikit cuplikan suara pukulan bedug. Hih

Metode penentuan awal Ramadhan di Indonesia

Memang, ngelakuin ibadah Puasa itu gampang-gampang susah, cuma susahnya itu ngelawan godaan dari makanan, entah itu makanan dalam bentuk iklan di tivi ataupun makanan yang dipajang di depan kaca warteg yang keliatannya melambai-lambai serasa minta tolong dengan raut wajah melas dan cuma meminta ingin segera dinikmati seperti layaknya cewek cakep, seksi, tajir yang ngode pengen diajak main di ranjang.

Gak cuma dari segi makanan aja sih. Dari segi godaan kaum hawa yang kebetulan pake pakaian yang menggugah selera nafsu makan akan kedua bola mata gue emang ujian terberat melebihi kita udah lama-lama nyepik cewek, direspon baik-baik, udah dinner, udah jalan kemana-mana, waktu ditembak dia jawabnya “Maaf, Aku lagi gak mau pacaran, aku lagi fokus belajar”, Dan selang seminggu dia malah jadian sama temen akrab setongkrongan kita sendiri. Huft,,

Banyak dari kalian pasti bertanya-tanya soal bagaimana caranya bisa kuat puasa dengan makan tanpa membatalkan ibadah puasa. Gue udah menemukan jawaban setelah melakukan jutaan penelitian dan musyawarah dengan melibatkan 25 ilmuwan terkemuka dari berbagai penjuru di dunia.

   1.    Makan Angin
Coba untuk mangap-mangap di depan kipas angin, kenyang sih enggak yang ada malah kembung. Tapi kan setidaknya ini makan dan tidak membatalkan puasa.

   2.       Makan Hati
Duh,... Kalau yang ini sebenarnya gak usah dijelasin deh ya. Sebagian orang pasti pernah ngalamin yang namanya makan hati. Dalam makan hati juga gak akan ngenyangin tapi yang ada malah badan semakin kurus karena sakit hati. Berarti makan hati gak bikin batal puasa lah, cuma makruh aja kalau keadaannya kesel sama seseorang itu terus menerus. Berdamailah dengan masa lalu.


2.    SAHUR

Sahur adalah bagian yang terpenting buat mau ngejalanin ibadah puasa seperti udah seperti saudara sendiri yang gak bisa dipisahin, walaupun takdir memisahkan mereka ujung-ujung happy endingnya bakal ketemu berkat tim Termehek-mehek. Jadi syedih nih

Sahur juga berat ngejalaninnya, bukan soal pas makannya tapi beratnya pas bagaimana kita bisa bangun, padahal udah nge-set alarm ke hape, tapi masih aja ke-skip mulu. Mungkin ada yang salah dengan nada deringnya? Dan ketahuilah cukup nada dering dengan suara tepuk tangan penonton Kick Andy yang bisa membangunkan kalian. Lebih susah lagi bangun dalam keadaan sadar, bergerak secara sergap tanpa kalah ditarik-tarik oleh kejamnya kasur yang mendadak berubah menjadi lubang hitam akan kuat hisapan dan jerit tangisan bantal yang tak mau ditinggalin oleh raga kita. Waktu raga udah bangun, tantangan terberat yang menghadang lagi yaitu kita dipaksa untuk menjadi orang yang multitasking dalam keadaan mata seperti tidak punya harapan lagi dan butuh dimotivasi dari Bapak yang tercinta Mario Teguh.

Bagi gue, soal ngejalanin sahur terlalu mudah untuk dijalani, karena dari awal gue udah dididik oleh kedua ortu gue untuk disiplin dalam beribadah. Bukannya gue sombong sih, tapi emang udah jadi kebiasaan dan yang terpenting biar bebas dari ganasnya omelan nyokap gue yang kesannya kek lantunan rapper Pitbull nyanyiin 2 album sekaligus. 



Soal sahur, ada sebagian banyak orang yang ngejalanin sahur pake metode yang konon dicetuskan oleh para pemotor jalanan sekelas Undertaker (sebelum ikut smackdown sih). Sahur yg dilakuin di jalanan mendapat istilah keren yaitu Sahur On The Road, istilah Sahur On The Road muncul secara tiba-tiba dan mulai trend di Jaman Macan Ternak (Mama Cantik Anter Anak) ini, katanya sih biar ada sensasinya waktu ngejalanin sahur, entah apa sensasi yang mereka dapet, yang terpenting bukan sensasi gebetan rasa pacaran, soal itu hanya para penikmat jalanan dan Ghost Rider yang tau.

Gue kasih tau ya, sebenernya ngelakuin ibadah sahur dimana, sama siapa, dan pake metode seperti apa itu sama aja yang terpenting waktunya jangan sampe kesiangan apalagi ke-maghriban. Terpenting lagi sahur itu cuma sebagai modal kita untuk ngejalanin puasa. Sahur gak usah pake susah-susah, cukup sederhana, kalopun ribet itu dandanan kamu aja.

Sahurlah sesuka dan senyaman kalian, pake lauk apa dan sama siapa itu bebas. Jangan tiru gue, saking sahur dibuat sesuka mungkin jadinya malah anti-mainstream; orang kalo pada mau sahur pada manasin makanan, gue doang yang kalo sahur manasin motor.


3.    WAKTU BERBUKA PUASA & NGABUBURIT

Buka puasa adalah rangkaian dari ibadah di bulan Ramadhan yang tujuannya buat nuntasin puasa dengan membatalkan puasa segera saat kulit bedug bergetar dan suara adzan berkumandang (bukan lipsync kek di iklan). Buka puasa adalah waktu yang paling banyak ditunggu-tunggu, saking banyaknya yang nungguin, semoga aja gak ada kasus muadzin diancem ceweknya. “ Kamu mau adzan sekarang atau kita putus aja!.

Di waktu sebelum menjelang adzan maghrib, cabe-cabean ataupun terong-terongan bejibun pada nungguin (ngabuburit istilah trendnya) nyampah di alun-alun kota, tempat trek-trekan, sampe keliling kota nyariin sudut-sudut mushola yang nyediain takjil gratis. Emang gak ada salahnya nyari takjil gratis semacam kolak walaupun keliatannya enak tapi pas dicobain rasanya kek kuah acar.

Emang, waktu berbuka puasa sangatlah ditunggu-tunggu, soalnya gue kalo gak ada acara keluar ngabuburit, rasanya nungguin 5 menit berasa 5 hari, karena itulah gue gak sabaran banget segera terbebas dari perihnya dan tantangan ibadah puasa . Saking geregetnya gak sabaran, waktu agak sorean dikit nyokap gue suka buat jus, kalo denger desingan blendernya udah kaya denger lantunan fur elise dari Mozart. Untung aja, jaman sekarang kalo ngejalanin puasa gak bete-bete amat buat nungguin magrib. Tinggal stalking TL inceran aja gak berasa. Simple but awesome, men

Kalo asal jangan usul, kalo usul gak boleh asal. Tradisi ngabuburit sekarang sudah berubah semenjak negara api menyerang dengan mengisi acara kumpul bareng sama temen ataupun mantan yang kebetulan pengen diajak balikan berkedok buka bersama. Sekarang acara bukber yang biasanya diartikan sebagai sarana untuk silaturahmi dan nyelesain ngejalanin puasa seharian berpuasa secara bareng di satu tempat sudah melenceng 360 derajat berubah menjadi sarana untuk nyari gebetan ataupun sekedar memandangi pujaan hati bagi kaum jomblo seperti gue.

4.    SHOLAT TARAWIH

Sholat Tarawih juga merupakan bagian dari serangkaian ibadah yang dijalanin di bulan Ramadhan, walaupun hukumnya sunah sih, tapi bagi para kawula muda seperti gue sangatlah penting (di minggu-minggu awal aja yg rame), karena di waktu itulah, saat yang paling tepat untuk unjuk kegantengan di hadapan para remaja putri. Gue gak tau soal pemikiran remaja di era maju sekarang ini, bukannya sholat buat nyari pahala, malah yang mereka cari adalah dapet perhatian dari lawan jenis. Ada juga sebagian remaja dateng ke masjid buat Shalat Tarawih cuma buat numpang eksis biar terliat alim di mata pacarnya. Tapi yang gue takutin, ada orang saking eksisnya ngelampaui batas kewajaran sampai update di penjuru socmed dengan nulis status; “Otw rakaat kedua nih, bacaan surat An-Naas at Masjid Asy-Syafa’ah with Kevin, Donny and 134,5 others.”

Gunakan sarung dengan benar, sebelum Sholat Tarawih


Sholat Tarawih juga ibadah yang termasuk berat buat dilakuin, bukan soal berangkat ke masjid takut sendal ilang, tapi jumlah rakaat yang kita kerjain itu yang lama-lama bikin males. Kalopun imamnya cepet sih gak masalah, tapi kalo kebetulan dapet imam yang hobby bacanya surat-surat yang panjang-panjang ditambah bacanya meng-ilhami banget kan yang didapet bukannya khusyuk tapi malah dapetnya tekanan batin, kaki keram serasa di-tackle balotelli, dan punggung encok serasa ngegendong beras 1 kuintal. Tapi alhamdulillah, di masjid gue yang imamin Sholat Tarawih cepetnya minta ampun, saking cepetnya gue sampe nebeng sama Brian O Conner biar bisa kekejar.

Demikian kegiatan-kegiatan yang bikin gue gak bisa lupain betapa menyenangkan menyambut hari-hari di bulan Ramadhan. Masih banyak lagi cerita yang pengen gue bagiin ke kalian semua, tapi sayangnya terlalu panjang buat diceritain dan kalopun gue tulis pasti jadinya malah kek skripsi. Gue cuma ngambil point-point yang terpenting aja. Memang gue akuin bulan Ramadhan adalah Bulan yang penuh bermakna dan penuh akan berkah. Gue cuma mau ngomong sekalian mengakhiri di postingan kali ini. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga amal dan pahala kalian di terima oleh Allah swt. Aamiin

Kalopun kalian ada cerita di Bulan Ramadhan, gak usah sungkan-sungkan share ke comment di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar