Minggu, 16 Agustus 2015

MERDEKA GUE, MERDEKA LOE SEMUA : INDONESIA MERDEKA




Hari Ulang Tahun Kemerdekaan negara yang kita cintai ini tinggal menghitung jam. Biasanya, waktu perayaan HUT-RI atau “Agustusan” (bahasa gaul di masa Patih Gadjah Mada masih suka nongkrong di perempatan gang komplek) itu dirayain dengan upacara bendera secara serentak sebangsa setanah air.


Di upacara bendera, gue paling kesel aja kalo ngeliat ada yang entah pingsan beneran atau boong-boongan atau mungkin cuma diving aja biar dapet hadiah pinalty atau dapet hadiah tirai nomer 2 dari pembina upacara. Bukannya gue nyindir sih, tapi gue prihatin aja sama upacara kalo digelar dalam sekolah khususnya SMP, yang paling banyak ada kasus pingsan. Tau sendiri lah, fisik anak SMP itu belum terlalu kuat, masa pembina upacaranya pas pidato nerocosnya lama bener dan saking lamanya bisa buat nguras air laut cina selatan ampe abis. Sedangkan murid-muridnya kepanasan, muka kusut, badan apek ampe kek teri asin dijemur. Kasian kan.

Menurut gue, upacara bendera mulai membosankan kalo udah waktunya pembina upacara berpidato, itu bikin gue mulai ngerasa bosen dan bete, saking betenya gue nyempetin ngobrol, curhat, becandaan sampe gergaji leher temen. Gue cuma ngasih saran aja, biar pidatonya gak bikin bosen ataupu bete, pidatonya kalo bisa pake model Stand-up comedy dan setelah itu nyempetin pake acara bagi-bagi doorprize. Kan malah asyik kesannya.

Alhamdulillah, itu dulu waktu sekolah, sekarang gue udah kuliah dan untungnya gak bisa lagi ikutan acara upacara bendera kayak gitu lagi. Muehehehehe

Selain upacara bendera, ada acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu acara lomba. Sebelum lomba, awalnya pasti dibentuk yang namanya panitia. Entah maksud atau tujuannya apa, yang gue tau soal kepanitiaan yaitu wadah iseng-iseng semata buat ngegebet gadis kampung pujaan. Ngomongin acara lomba, biasanya sering banget gak ada perubahan soal jenis lomba dan gak ada inovasi jenis lombanya. Dari jamannya Cut Nyak Dien PMS sampe Amerika bikin robot militer, lomba makan kerupuk, balap karung sampe panjat pinang masih dipertahanin. Gak tau kenapa lomba makan kerupuk, balap karung dan panjang pinang masih aja tetap diusung buat ngisi HUT-RI, ada yang bilang kalo lomba kerupuk ngingetin jaman perjuangan saking prihatinnya, tapi menurut gue, mana nilai merdekanya kalo ngerayain pake lomba kerupuk??, kalo bisa diganti pake makan Pizza atau makan Hamburger digantungin pake tali. Khan maen..!!

Soal balap karung katanya juga ada alasannya biar ngingetin kalo dulu para pahlawan berjuang pake pakaian seadanya yang terbuat dari karung, Ya itu masuk akal lah, tapi disisi lain jaman udah modern, kalo bisa lomba balap karungnya tetep pake karung tapi karungnya dimodif model cut-bray atau model skinny. Kan agak kesannya gaul gitu ya...

Ngomongin soal lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang selalu menjadi lomba penutup dan katanya paling meriah. Biasanya lomba panjat pinang selalu diadain dan dipertahanin, karena alesannya biar bisa ngingetin para pahlawan entah siapa namanya yang memanjat dan menyobek bendera Belanda menjadi Bendera kebangsaan kita. Tapi gak ada bosennya kali ya kalo gak ada inovasi atau perubahan dari lomba panjat pinang. Kalo bisa diganti biar agak seru, misal panjat tower sutet atau panjat gedung Burj Khalifa. Kan kesannya anti-mainstream gitu.

Gue sekarang masih bagian dari pemuda karang taruna di kampung dan juga menjadi panitia pelaksana lomba yang ke-243845008 kalinya. Harapan gue buat acara lomba gak terlalu muluk-muluk dan yang terpenting acara lomba kesannya anti-mainstream. Gue pengen ngadain lomba yang gak ada yang nyama-nyamain, yang bersifat inovatif, modern tapi tetap menjunjung nilai kemerdekaan, misalnya Lomba nge-hack sistem Pentagon, lomba pengayaan nuklir, ataupun lomba memecah misteri segitiga bermuda. Well kan..

Bagi gue, HUT RI dengan pake atau gak pakenya acara lomba tetep terliat istimewa di mata gue. Tau sendiri, Indonesia tetaplah Indonesia, tempat dimana gue dilahirkan dan dibesarkan. Indonesia menurut gue itu gak ada yang bisa ngalahin, Indonesia kaya akan sumber daya alam, budaya, panorama, makanannya, dan tentunya cewek-ceweknya. Dan yang paling terpenting Indonesia itu adalah segenap cinta yang gue junjung untuk menjadikan lebih dari sekedar tanah air ataupun tanah tumpah darah gue.


DIRGAHAYU INDONESIA-KU,, TETAPLAH MERDEKA,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar