Jumat, 14 Maret 2014

SEMINAR = NIHIL





Dari jamannya Adolf Hitler maju jadi Caleg, Jack Dorsey (pencipta Twitter) masih mainan Tamagochi, ampe jamannya Ibu Negara hobi poto-potoan pake Tongsis, belum sempat gue menemukan apa dan arti tujuan kampus ngadain Seminar. 

Yang gue tau tentang seminar itu cuma acara kumpul-kumpul mahasiswa di satu ruang gedung yang udah didekorasi, sound sistem yang udah di-check sound dan kursi-kursi udah ditata rapi macam kek acara hajatan. Seminar juga punya ritual tersendiri khusus peserta yang mau masuk ke ruang seminar, yaitu sebelum acara dimulai, sebelum masuk ke ruang seminar peserta disuruh mengisi data diri/formulir entah buat di-kepoin ataupun buat sasaran target santet. Dan lucunya, sesudah gue mengisi data diri, gue dikasih kotak yang isinya snack yang kata temenku cuma buat menjadi sahabat di saat kebosanan melanda.
 

Sempat gue kepikiran, kenapa para narasumber-narasumbernya pintar-pintar dalam menjelaskan materi-materi yang dibawakan saat seminar. Apakah dia udah hafalin skrip duluan di belakang stage atau udah terbiasa membawakannya dengan penuh penjiwaan kek aktor FTV? Yang jelas hanya narasumber dan Tuhan yang tau.


Gue merasa aneh sama seminar yang sering diadakan di kampus. Anehnya kita disuruh duduk di kursi kosong yang ditata rapi, tapi disuruh mengisi bagian depan duluan macam kek mau Sholat Idul Fitri. Anehnya lagi, kita dibekali kotak snack yang isinya cuma makanan sok-sokan Budaya Barat (Roti-rotian), dan hebatnya, kita diberi penjelasan materi-materi yang dibawakan narasumber tanpa Lipsync ataupun minus-one.


Terlintas di kepala gue, kenapa seminar yang diadain gak pake acara prasmanan ataupun potong nasi tumpeng? Padahal kan kalau dikasih acara prasmanan tambah asyik dan berkesan meriah. Emang sih seminar itu tempatnya dimana orang-orang bisa menambah wawasan ilmu, tapi kenapa acaranya ngebosenin?

Mungkin yang bikin ngebosenin itu gak ada acara kuis berhadiah motor, mungkin pula narasumbernya gak pake acara perform stand up comedy, atau mungkin juga narasumbernya gak ngasih kesempatan buat para peserta untuk request lagu siapa tau narasumbernya bisa ngebawain. Tapi gue salut dengan seminar-seminar yang diadain di kampus, karena pembukaan acaranya gak pake acara joget-jogetan kek acara tv-tv sekarang.


 Walaupun seminar yang diadakan dengan menggundang narasumber secerdas-cerdas atau sehebat-hebat apapun itu sangat  berguna banget untuk banyak orang, kecuali gue yang kenyataannya masih tetap saja hasilnya NIHIL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar