Sabtu, 22 Maret 2014

FENOMENA CALEG


Dijamannya abg-abg kumisan yang udah mulai kecanduan twitter ampe Master Limbad galau mau ngetweet apaan biar bisa dingertiin followersnya, masih aja ada orang-orang ingin berebutan kursi kosong DPR ataupun DPRD. Entah otak mereka udah mulai geser ke dagu, hanya karena soal rebutan kursi kekuasaan yang harusnya untuk membahas (rapat) demi memajukan negara tapi hanya buat menjadi pengganti alas tidur di rumah (tradisi tidur bareng di rapat Paripurna). 


Sebelum menjadi anggota DPR, mereka dipilih oleh masyarakat lewat pemilu. Tapi kerennya, saat berkampanye mereka mempunyai strategi buat dapat suara dengan macam-macam cara seperti Politik Uang, Blusukan ke pemukiman ampe got-got, dan ada yang pergi ke dukun ampe ada yang pergi ke klinik Tong Fang.

Dan saat ini gue udah mulai merasakan betapa panasnya atmosfer dari kampanye para Caleg, itu sebabnya gue selalu emosi kalo lingkungan kampung gue yang awalnya bersih dari dedaunan pohon sakura mendadak kotor karena telah terkudeta oleh banyaknya spanduk dan poster Caleg yang foto di posternya udah mulai melanggar batas etika berfoto yang baik dan benar. Ada yang majang posternya pake foto yang sok-sokan dimanyun-manyunin kek abg labil, ada yang majang posternya pake foto yang diambil pake camera360, ada yang fotonya di edit disandingkan Caleg yang kebetulan se-partai macam kek foto prewedding ampe ada yang majang poster foto nangis sedih sambil selfie. Tapi bagi gue, baik atau nggaknya seorang Caleg bisa dinilai dari seberapa alay foto di posternya.

Selain foto yang dipajang di poster, slogan yang tertulis di poster juga tidak kalah unik. Ada yang dikasih tulisan visi-misi, janji-janji manis ampe ada juga yang mencantumkan kata bijak biar dikira keturunan dari trah Mario Teguh. Tapi bagi gue, Caleg yang nggak layak buat dipilih adalah yang posternya dikasih tulisan “I’m limited edition”.

Gue sangat kesel dari seorang Caleg saat stiker-stiker yang mereka edarin mulai nyampah sampe nempel di kaca bagian belakang angkot-angkot. Anehnya, yang punya angkot malah seneng kegirangan karena dapet royalti dari Caleg. Tapi itu bakal beda cerita kalo terjadi di film Transformers, yang awal ceritanya Optimus Prime itu gagah, besar dan mengayomi anggota-anggota Autobot-nya mendadak dijauhi temen-temennya gara-gara kaca belakangnya ditempelin stiker Caleg.

Dibalik itu semua, kita mulai belajar dari seorang Caleg yang rela ampe ngehabisin banyak duit dan nguras banyak tenaga hanya cuma jadi pemimpin bagi rakyatnya walaupun hasilnya belum tentu sesuai dengan kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar