Kamis, 03 April 2014

KEKOLOTAN ORANG TUA TERHADAP JURUSAN KULIAH






Dulu 3tahun yang lalu gue anak sekolahan, masih seragam berlogo OSIS yang kalo dipake cewek mesti muncul efek cembung. Dulu di tiap kelas udah mulai ada aturan jadwal piket sesuai permintaan guru. “Ini yang sebenarnya sekolah itu siapa?? Guru apa murid?? Kok seenaknya guru main minta-minta aja!!”. Setiap pagi mesti harus bersihin kelas, entah itu nyapu, entah itu bersihin meja pake  kemoceng ampe ngehapus tulisan di papan tulis. Gue orangnya emang agak malas kalo dapat jatah piket buat bersihin kelas, sampe-sampe teman satu jadwal piket dengan gue sempat protes karena dinilai kerja piket gue gak becus. Untung cuma baru protes gak sampe interupsi ataupun aksi turun jalan (walk-out). Kalo bentuk protesnya sampe ada kegiatan kayak gitu mungkin gue sadar untuk turun dari jabatan sebagai anggota Dewan Perpiketan Kelas.


Pernah waktu itu gue lagi piket menyapu di kelas, ada guru yang kebetulan udah dateng dari pagi banget, lagi asyik ngopi sambil merokok kek macam orang sukses yang abis ngejual saham perusahaannya. Gue pun terus ngelanjutin yang nyapu di depan pintu kelas, tak ada hitungan menit pun, guru tersebut nyamperin gue.

   Guru: Rajin banget, nak (menyapa dengan senyuman palsu sambil ngisepin rokok kreteknya)
   Gue  : O hya pak. Makasih (dengan suara kek orang males nanggepin)
   Guru : Nyapu itu yang bersih entar kalo gak bersih, entar jodohnya brewokan lho!!
   Gue  : Beneran, pak? (dengan raut muka penuh penasaran)
   Guru : Hmmm (menjawab dengan nada yang tidak meyakinkan)

Saat itulah gue langsung membayangkan wanita idaman masa depan gue yang tiba-tiba raut mukanya dipenuhi brewok kek Logan (Wolverine) yang menyapa dengan bilang: “Nikahi aku sekarang juga, sayang”.

Dan sampe sekarang, mitos jodoh brewokan karena nyapu gak bersih masih bertahan karena anggapan orang tua akan mitos masih kekal dan kekolotan orang tua masih aja selalu dipertahankan di tiap kesehariannya.

Ngomongin soal anggapan dan kekolotan orang tua, gue pernah ngalamin bagaimana seorang gue yang sekarang anak kuliahan dipandang aneh dan  lucu dengan disangkut-pautin ke jurusan kuliah yang gue ambil. Pernah waktu gue ikut acara kumpulan keluarga besar yang selalu diadakan tiap lebaran, mesti ada-ada aja gue sering ditanyain tentang perkuliahan gue entah sama paman, bibi, nenek ataupun leluhur gue.
Saat lagi duduk santai sambil icip-icip masaka saudara, mendadak disamperin om gue.

   “Sekarang kuliah dimana, vi?” tanya om gue sambil nyemil biskuit milna
   “Kuliah di UPN jogja, om” jawab gue
   “Wah, sama seperti kakakmu dong. Ambil jurusan apa emangnya?” tanya om gue pake muka nyinyir
   “Ambil Hubungan Internasional, om”. Jawab gue pake nada meyakinkan
   “Hubungan Internasional itu yang besoknya jadi diplomat kan? Tanya om gue pake muka penasaran
   “Iya om. Bener sekali”. Jawab gue pake nada lantang
   “Oh jadi besok kalo kamu jadi diplomat ajak om ke luar negeri ya?. Om pengen ke Amerika biar bisa ngobrol sama Obama”.
   “Iya deh iya om” jawab gue biar kelar yang nanya-nanya mulu. Dan gue langsung minggat dari samping om pake alasan cari cemilan lain.

Lebih untung gue ditanya kek gitu masalah jurusan yang gue ambil. Ada temenku yang kebetulan ngambilnya jurusan Pertanian, ditanyanya lebih parah soal jurusan yang dia ambil.

   “Sekarang kamu kuliah dimana, nak?”
   “Kuliah di UPN, bu”
   “Ambil jurusan apa?”
   “Ambil jurusan Pertanian”.
   “Mau jadi apa emangnya?, emang mau bantuin petani nyangkulin sawahnya apa?”.
   “!#$@$^#@$T#^Y(YYEW#^&”

Denger curhat temenku yang ambil jurusan Pertanian sangatlah bikin gue sedih tapi gak nahan buat ketawa. Entah mau prihatin apa sebel buat nyikapi curhatan temenku. Tapi gimana lagi semua orang tua emang dasarnya pasti kolot, suka nanya-nanya yang aneh-aneh. Tapi pada dasarnya kita terlahir dari sperma yang bertemu dengan indung telur dan dikeluarkan lewat rahim Sang Ibu. Kita tidak ada apa-apanya buat ngelawan orang tua, karena orang tua harus kita hargai dan kita hormati.

Walaupun mereka kolot, berkat mereka kita bisa kuliah dan tiap bulannya ngirimin uang saku buat kuliah biar kita bisa hidup di kota perantauan. Bagi gue, Orang tua sangatlah penting dan berarti bagi kita jika ngirimin uang melebihi yang kita harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar